4 Kiat Sajikan Masakan Sehat Untuk Keluarga

SHARE
4 Kiat Sajikan Masakan Sehat Untuk Keluarga

Masakan sehat untuk keluarga tentunya sangat penting untuk disajikan sebab makanan memiliki peran penting untuk menjaga stamina tubuh. Makanan yang sehat akan membantu metabolisme tubuh terjaga dengan baik dan mengurangi resiko terkena penyakit.

Mengonsumsi makanan sehat setiap harinya juga akan menjaga asupan nutrisi dalam tubuh kita akan tercukupi. Virus-virus penyakit yang bertaburan di udara tidak akan bisa membuat tubuh kita sakit karena makanan sehat bisa menangkal penyakit.

Namun, jika makanan yang tidak sehat dan dikonsumsi bisa menjadi sumber penyakit yang akan merusak tubuh. Tubuh justru akan rentan terhadap penyakit dan bisa mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Oleh karena itu, selektif memilih bahan hingga cara penyajian menjadi hal wajib yang perlu diketahui dalam menghidangkan santapan yang tidak hanya lezat namun dijamin sehat, berikut kiatnya.

Tips Sebelum Membuat Masakan

4 Kiat Sajikan Masakan Sehat Untuk Keluarga

1. Memilih bahan berkualitas

Bahan makanan memegang kunci penting untuk menjamin masakan yang dibuat lebih sehat dan aman dikonsumsi. Beragam bahan makanan, mulai dari jenis sayuran, buah, hingga bahan makanan setengah matang yang siap diolah. Harus dicek kualitasnya, jika sayuran dan buah segar pastikan dalam kondisi baik dan tidak rusak bisa dilihat dari warnanya.

Sementara agar menyajikan masakan sehat untuk keluarga dari bahan makanan dalam kemasan. Anda wajib cek tanggal kadaluarsa, baik untuk olahan mie, ikan sarden, dll. Selalu belanja bahan makanan di tempat yang terpercaya untuk jaminan mendapatkan bahan yang segar dan terbaik.

2. Menyimpan bahan makanan dengan tepat

Setia bahan makanan memiliki sifat ketahanan yang berbeda dan memiliki perbedaan perlakukan penyimpanan. Penyimpanan yang tepat akan menjaga kualitas bahan makanan lebih terjaga sehingga kandungan zat gizi yang dimiliki tidak rusak. Sekaligus sajian masakan sehat untuk keluarga tersebut memiliki rasa yang enak.

Sebab kualitas bahan sangat berpengaruh terhadap rasa, sehingga ada bahan yang cocok disimpan di kulkas ada pula yang sebaliknya. Kenali cara penyimpanan yang benar untuk membantu anda mempertahankan kualitas bahan masakan.

3. Olah dengan cara sehat

Ketika sudah memiliki persediaan bahan makanan yang siap diolah dengan kualitas yang terbaik langkah selanjutnya ialah ketahui teknik memasak yang benar. Sifat sayuran dengan daging tentunya berbeda, sayuran lebih baik dimasak sebentar. Sementara daging harus hingga matang agar nyaman ketika dikunyah dan tidak menyakiti gigi kita. Pengolahan atau teknik memasak yang sehat sebaiknya minimalkan olahan yang digoreng.

Sajikan masakan sehat untuk keluarga dengan teknik merebus, mengukus, memanggang, yang tidak membutuhkan minyak. Hal ini penting agar makanan yang disantap minim lemak sehingga mengurangi resiko obesitas dan gangguan kesehatan lainnya.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Tempat Makan Enak di Jakarta Terbaik

4. Selalu masak sendiri

Ketika memutuskan makan di luar kita tentunya hanya tahu masakan siap santap tanpa tahu kualitas bahan, cara pengolahan, dan kebersihan bahan masakan tersebut. Hal berbeda terjadi jika lebih memilih memasak sendiri masakan untuk keluarga tercinta. Anda bisa memberikan yang terbaik untuk mendapatkan kesehatan keluarga terutama untuk si kecil. Kemudian juga lebih ramah untuk anggaran belanja keluarga, sehingga lebih hemat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY