Tempat Wisata Kuliner di Borobudur yang Wajib di Coba

SHARE
Tempat Wisata Kuliner di Borobudur yang Wajib di Coba

Tidak banyak yang tahu kalau di kawasan Candi Borobudur punya kuliner khas Jogjakarta yang tidak boleh dilewakan begitu saja.

Bila selama ini gudek adalah kuliner yang wajib dicicipi di Jogjakarta, ada menu lain yang wajib masuk dalam daftar menu kuliner  Jogjakarta yakni Iwak Boeng.
Kelezatannya tidak perlu ditanya lagi.

Kuliner mangut lele yang pedas kaya akan kuah santan ini jadi primadona baru bagi penikmat kuliner di singgah.

Namun khusus di kawasan Candi Borobudur dan sekitarnya ada kuliner Iwak Boeng yang sedikit mirip dengan kuliner mangut lele.

Iwak Boeng menjadi kuliner baru khas jogjakarta menggugah selera, sejumlah bumbu-bumbu penyedap seperti daun sereh, jahe, kunyit, kencur, dan cabe pedas pun jadi bahan baku utamamnya.

Awalnya, ikan boeng digoreng terlebih dahulu sebelum disiram kuah pedas.
Teknik penyajikan ikan Boeng pun tak sembarang sehingga bumbu yang digunakan meresap kedalam ikan.

Kuliner iwak Boeng atau ikan boeng dapat dijumpai di Warung Makan Pak Merto. Ikan Boeng hanya dapat ditemukan di sungai Progo, Jogjakarta.

kuliner di borobudur

Meski tergolong baru, kuliner ini cukup populer dikalangan wisatawan. Pemilik warung makan Pak Merto, Pak Gumer mengaku setiap harinya warung makannya dipenuhi dengan para wisatawan yang sebelumnya mampir ke Candi Borobudur.

rumah makan di dekat borobudur

Baca Juga: Ke Jogja Jangan Lupa Datang Ke Tempat Wisata Kuliner Jogja Ini

Mau mencoba kuliner baru khas Jogjakarta ini?

Warung Makan Pak Metro Iwak Boeng berlokasi di Jalan Raya Salaman, Borobudur.
Harga menu Iwak Boeng Jogja sangat terjangkau hanya dibandrol 15 ribu rupiah saja. Rumah makan ini buka dari jam 8 pagi sampai menjelang maghrib. (ms)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY