4 Menu Masakan Indonesia Yang Super Pedas

SHARE
4 Menu Masakan Indonesia Yang Super Pedas

Beberapa menu masakan Indonesia menjadi begitu sangat populer dan menjadi ikon dari daerah asalnya dan bahkan dikenal hingga mancanegara.

Indonesia yang terkenal dengan penggunaan beragam rempah dalam olahan kulinernya. Kerap memberikan sensasi berbeda, tidak hanya untuk orang dari luar negeri bahkan dari luar daerah pun ikut terkaget-kaget.

Salah satu rasa yang khas ialah rasa pedas yang didapatkan dari penambahan cabe. Selain itu, rasa pencampuran rempah-rempahnya sangat mengundang selera untuk segera di cicipi.

Kenikmatan masakannya mengundang banyak turis dari belahan dunia datang ke Indonesia untuk mencoba mencicipi beragam masakan Indonesia yang terkenal dengan rasa pedasnya yang akan selalu ingat di ingatan para turis.

Ragam Kuliner Nusantara Dengan Rasa Pedas Yang Termasyur

4 Menu Masakan Indonesia Yang Super Pedas

1. Rujak Cingur

Menu masakan Indonesia yang berasal dari Jawa Timur ini menyediakan rasa pedas yang membakar lidah namun nikmat disantap. Jika kita selama ini mengenal kuliner rujak hanya menggunakan bahan berupa buah-buahan. Maka hal berbeda bisa dijumpai pada rujak cingur, selain menggunakan buah juga menambahkan ragam sayuran.

Keunikan bahan terletak pada moncong sapi atau cingur yang direbus kemudian diiris dan disajikan bersama bahan lainnya. Sambal rujak yang digunakan pun berbeda yakni memanfaatkan petis udang, kacang tanah, cabe rawit, dan gula merah.

2. Mie Aceh

Seperti yang tersebut dalam nama kuliner ini, Mie Aceh berasal dari daerah Serambi Mekkah atau Aceh yang juga memiliki rasa pedas. Sedikit berbeda dengan olahan mie dari daerah lain di tanah air, Mie Aceh menggunakan mie kuning tebal. Memanfaatkan campuran antara irisan daging cumi, daging kambing, ataupun daging sapi.

Dan disajikan bersama kuah kental bumbu kari dengan perpaduan rempah bawang kunyit, kapulaga, kayu manis, jintan, dan lada. Sensasi pedas dari rempah bisa ditambahkan irisan cabe rawit untuk meningkatkan level pedasnya. Rasa yang unik dan pedas ini menjadikan menu masakan Indonesia asal Aceh satu ini begitu terkenal.

3. Keripik Balado

Keripik balado merupakan sajian khas dari Minang yang sebenarnya diolah dari singkong yang dibuat keripik seperti pada umumnya. Hal berbeda dijumpai pada taburan yang diberikan sebab menggunakan bumbu balado yang super pedas. Di Minang sendiri menu masakan Indonesia dari singkong ini lebih dikenal dengan nama Karupuak Santai.

Adapun bumbu balado yang dijadikan taburan ialah campuran antara cabe merah keriting digiling, bawang merah, asam, daun salam, garam, dan juga gula. Rasa pedas yang amat sangat menjadi salah satu rahasia keripik balado begitu digemari.

4. Plecing Kangkung

Baca Juga: Menu Masakan Western Kaya Gizi Dengan 3 Bahan Berikut

Jika selama ini anda mengenal kangkung diolah menjadi tumisan maka dengan menu pleing kangkung anda akan menyantap kangkung dengan variasi berbeda. Plecing kangkung merupakan sajian yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat dan memiliki rasa pedas. Selain berbeda dari segi bumbu, rasa plecing kangkung yang unik berasal dari kangkung khas Lombok.

Kangkung di daerah NTB ini memiliki cita rasa yang manis meskipun sekedar direbus tanpa diberi bumbu. Nikmati sensai pedas dan manis dari menu masakan Indonesia yang terkenal ini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY