Kenali Tanda Bahaya Pada Makanan Kemasan

SHARE
Kenali Tanda Bahaya Pada Makanan Kemasan

Diera modern saat ini, kemudahan sangat diinginkan dalam berbagai bidang. Tidak terkecuali pada makanan. Kini semua orang menginginkan makanan yang cepat, murah dan mudah dibawa kemanapun.

Semua orang seakan berlomba dengan waktu, bahkan ada istilah “time is money” dimana waktu adalah uang. Ini mengindentifikasi sangat berharganya waktu. Bahkan waktu menyantap makanan juga digunakan untuk mencari uang. Jadilah masyarakat modern saat ini lebih memilih makanan kemasan.

Apa sebenarnya yang membedakan makanan kemasan dengan makanan yang biasa ada di rumah, makanan dalam kemasan cenderung bersifat sementara dan instan. Dimana makanan yang terdapat di dalamnya telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk tahan dalam beberapa waktu yang cukup lama, bergantung pula pada jenis makanan. Ini tentu tidak baik untuk kesehatan, namun dampak yang ditimbulkan cenderung lambat namun pasti.

Orang yang berusia diatas 30 tahun, biasanya akan menjadi pasien terbanyak akan dampak makanan ini. Mereka yang di separuh usia tidak segan untuk mengkonsumsi makanan siap saji ini karena dirasa sangat praktis dan efisien, tanpa memikirkan efek jangka panjang yang akan ditimbulkan. Penyesalan itu pasti, karena ancaman makanan kemasan tidak main-main, bahkan nyawa dapat dipertaruhkan.

Sebelum Terjerat Oleh Makanan Jenis Ini, Ada Baiknya Anda Mengenali Tanda Bahayanya

Kenali Tanda Bahaya Pada Makanan Kemasan

 

1. Kenali Zat Yang Terdapat Pada Makanan

Sebelum membeli, baiknya cek dahulu apa saja zat yang terkandung didalamnya pada bagian belakang bungkus makanan tersebut. Makanan yang diproduksi oleh perusahaan besar wajib untuk mencantumkannya. Perhatikan zat pewarna, zat penyedap dan zat pengawet yang digunakan dalam memproduksi makanan tersebut.

2. Kenali Kemasan Yang Digunakan

Produk makanan kemasan akan dikemas sedemikian rupa agar tampil menarik. Sebagai konsumen harusnya bijak dalam melihat kemasan yang digunakan. Apakah menggunakan kardus, plastik, kaleng ataupun botol kaca.

3. Perhatikan Kondisi Kemasan

Kemasan tidak boleh penyok, berkarat atau sobek. Ini sangat mempengaruhi dengan kondisi makanan, sebaiknya meminta ganti jika makanan anda seperti ini. Jika tidak ada gantinya, sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi.

4. Waspadai Tanggal Kadaluarsa

Satu lagi yang harus di waspadai dengan cermat adalah tanggal kadaluarsa dari produk makanan tersebut. Tanggal kadaluarsa memberikan kita warning apakah produk ini masih layak atau tidak untuk dikonsumsi.

5. Label Halal MUI

Baca Juga: Kunjungi Tempat Makan Murah di Jakarta

Mungkin bagi sebagian orang ini hanya sebuah label, namun bagi seorang muslim, selain makanan tersebut baik, bergizi dan harus halal. Label halal yang keluarkan oleh lembaga MUI, memberikan bentuk keamanan. Jika tidak terdapat label halal, kemungkinan makanan tersebut mengandung tidak halal (seperti : gelatin, lesitin, minyak,dll).

Marilah menjadi konsumen yang cerdas dengan tetap mengedepankan mutu pada makanan yang akan kita konsumsi. Kita juga yang akan menderita kerugian jika salah mengkonsumsi makanan. Makanan kemasan memang simple di bawa kemanapun tapi akan lebih bijak jika mengkonsumsi makanan sehat setiap harinya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY