Beberapa Menu Masakan Tradisional Di Indonesia

SHARE
Beberapa Menu Masakan Tradisional Di Indonesia

Indonesia adalah Negara yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa. Masing-masing suku bangsa mendiami wilayahnya masing-masing. Karena keberagaman suku bangsa dan wilayahnya.

Tidak heran jika Indonesia juga memiliki menu makanan tradisional yang berbeda satu dengan yang lainnya. Tak hanya itu saja, makanan di Indonesia juga memiliki cita rasa yang sang memikat.

Hal ini dipengaruhi oleh ciri khas dan kegemaran masing-masing daerah. Berita ini patut disyukuri karena dengan begini akan banyak mendapatkan pengalaman di setiap tempat yang dikunjungi di Indonesia.

Dari Sabang sampai Merauke tentunya memiliki menu masakan tradisional yang bisa menjadi referensi anda ketika melakukan liburan. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa diantaranya. Pertama adalah dari Aceh.

Makanan Tradisional Indonesia Yang Sudah Terkenal Se-Nusantara

Beberapa Menu Masakan Tradisional Di Indonesia

Di aceh terkenal dengan Mie Acehnya. Mie yang digunakan adalah mie kuning tebal yang yang disajikan dengan irisan daging dilengkapi pula dengan sup yang menyerupai kari yang rasanya gurih dan pedas. Mie yang satu ini kaya akan bumbu dan rasanya pasti akan membuat anda ketagihan.

Untuk menu makanan tradisional dari Pulau Sumatra kita bisa ambil salah satunya dari Sumatra Utara. Daerah ini memiliki makanan khas berupa Bika Ambon. Selain rasa original yang ditawarkan, belakangan sudah banyak masyarakat Medan yang sangat kreatif sehingga menyajikannya dalam berbagai rasa yaitu seperti rasa durian dan rasa keju. Sedangkan untuk Sumatera Barat juga tidak mau kalah. Warga Sumatra Barat memiliki makanan tradisional berupa makanan Padang yaitu berasal dari nama kota Padang itu sendiri.

Makanan ini sudah menyebar hingga ke pelosok-pelosok negeri karena terkenal dengan kepedasannya dan kelezatannya. Satu lagi yang khas dari pulau Sumatra adalah makanan tradisional dari Jambi. Jika anda mengenal masakan yang namanya Gulai Ikan Patin, dari Jambi lah makanan ini berasal. Gulai yang satu ini dimasak dengan menggunakan daging buah durian yang difermentasi atau biasa disebut tempoyak. Namun karena rasanya yang menyengat, maka ada sebagian masyarakat yang menggantikannya dengan santan.

Baca Juga: Kunjungi Tempat Makan Murah di Jakarta

Pulau Jawa yang terkenal dengan kepadatan penduduknya jika dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya juga menyimpan menu masakan tradisional yang telah dikenal masyarakat luas. Seperti contohnya dari ibu kota Negara kita yaitu Jakarta. Jakarta memiliki makanan tradisional yang hingga kini masih bertahan yaitu Kerak Telor. Bahan yang digunakan dalam pembuatan Kerak Telor adalah beras ketan putih, ebi, telur ayam, dan bawang goreng dan dibumbui dengan bumbu halus seperti kencur, kelapa sangrai, cabe merah, merica, garam, dan gula pasir.

Jika membicarakan menu masakan tradisional di Indonesia memang tidak ada nada habisnya. Seperti diketahui sendiri bahwa Negara kita tercinta ini memiliki 34 provinsi. Itu berarti juga ada sekitar 34 macam masakan tradisional yang bisa dieksplor lebih dalam dan bahkan bisa lebih banyak dari itu. Dengan mencintai masakan dalam negeri maka berarti secara tidak langsung anda turut untuk melestarikan budaya Nusantara ini pula.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY