Mengkonsumsi Sushi Secara Berlebihan Bahaya?

SHARE
Mengkonsumsi Sushi Secara Berlebihan Bahaya

Sushi adalah salah satu makanan khas negara sakura, Jepang. Makanan ini sudah mendunia dan bahkan sudah banyak restaurant yang menyediakan sushi termasuk di Indonesia sendiri.

Apa anda masih belum mengenal sushi? Sedikit gambaran sushi adalah makanan yang berbahan dasar nasi. Namun bukanlah nasi sembarangan. Nasi harus di campur terlebih dahulu dengan cuka, gula, dan garam agar saat disantap nasi mempunyai rasa yang nikmat.

Selain itu, membuat nasi juga membutuhkan pelengkap atau yang disebut dengan lauk yang di sisipkan di tengah-tengah nasi. Umumnya, sushi dicampur dengan 5 macam lauk seperti telor ikan salmo, gurita, sotong, dan cumi-cumi.

Semua macam lauk itu tidak di masak hanya disajikan dengan cara memotongnya dan langsung di bungkus dengan nasi mengunakan nori (rumput laut). Jika anda penggemar makanan Jepang yang satu ini, anda harus tahu bahwa Sushi juga  mempunyai banyak manfaat seperti bisa mencegah hipertensi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, meningkatkan matbolisme hingga kaya akan kandungan Omega 3

Dari semua manfaat Sushi, muncul pertanyaan, apakah menyantap sushi setiap hari atau secara berlebihan berbahaya? Ternyata salah karena orang jepang sering mengkonsumsinya atau membuatnya untuk bekal anak-anak sekolah.

Anggapan itu benar jika cara mengolah sushi atau membuat sushi tidak sesuai atau tidak tepat. Sushi yang tidak diperhatikan cara pengolahannya akan berdampak buruk bagi kesehatan. Lakukan cara ini sebelum membuat Sushi.

Tips Sebelum Membuat Sushi

Mengkonsumsi Sushi Secara Berlebihan Bahaya

1. Pastikan Dapur Anda Atau Tempat Anda Bersih

Memang terlihat sepele, tetapi jika dapur atau ruangan yang anda pakai tidak bersih justru kuman-kuman dan bakteri akan menempel pada bahan-bahan membuat sushi. Untuk itu pastikan terlebih dahulu dapur anda bersih dan bebas dari kotoran.

2. Bersihkan Kembali Peralatan Masak

Pisau atau alat untuk menggulung nori pastikan bersih. Jika anda sering menggunakannya namun tidak pernah di cuci justru akan memicu adanya jamur dalam perlatan masak anda. Bersihkan dahulu semua peralatan agar kebersihannya semakin terjamin.

3. Cuci Semua Bahan

Sushi adalah makanan yang dibuat dengan campuran lauk yang mentah. Pastikan ikan-ikan yang hendak digunakan harus dibersihkan dan harus benar-benar bersih.

4. Pakai Sarung Tangan Plastik

Baca Juga: 4 Tempat Dinner Live Music Terpopuler di Bandung

Membuat sushi membutuhkan jemari-jemari anda untuk memasukkan lauk atau menghiasnya. Ketika membuat sushi pastikan tangan anda bersih atau akan lebih baik gunakan sarung tangan plastik sekali pakai.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

2 COMMENTS

  1. Waduh baru tau loh bun klo kayak gini… tapi kayaknya klo resto jepang udah biasa kali bikin sushi kaya resto deket rumah mangkok ramen…

LEAVE A REPLY