Masakan Indonesia Ini Sudah Sulit Ditemukan Dan Berpotensi Punah

SHARE
Masakan Indonesia Ini Sudah Sulit Ditemukan Dan Berpotensi Punah

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak suku dan budayanya. Indonesia sendiri telah diakui oleh dunia yang memiliki etnis suku dan budaya yang unik dan terbanyak.

Banyaknya suku dan budayanya tersebut membuat Indonesia memiliki masakan Indonesia yang beragam dari masing-masing daerah dan tentunya sangat lezat.

Dari keberagaman suku dan budaya tersebut melahirkan masing-masing masakan khas dari setiap masing-masing daerah yang sangat lezat dan berasa nikmatnya di lidah.

Saat ini banyak masakan Indonesia yang dilestarikan dan dikembangkan dengan campuran bumbu-bumbu yang modern. Namun terlepas dari itu semua, ada masakan Indonesia yang sudah sangat sulit ditemukan bahkan berpotensi punah.

Berikut ini masakan-masakan Indonesia yang berpotensi mengalami kepunahan

Masakan Indonesia Ini Sudah Sulit Ditemukan Dan Berpotensi Punah

 

Bassang

Pasti kalian masih asing mendengar nama masakan khas nusantara ini. Bassang adalah masakan tradisional dari daerah Sulawesi. Masakan ini terbuat dari jagung pulen dan santan yang dikemas dalam bentuk bubur. Nama Bassang memiliki arti yakni “mengenyangkan”. Arti tersebut sesuai dengan masakan ini yang jika kita makan dapat menyenangkan perut. Makan ini sudah sulit ditemukan di Sulawesi dan bisa dikatagorikan masakan langka.

Grondol

Wah apalagi masakan ini, pasti kalian yang berada diluar Jawa Tengah tidak pernah tahu masakan ini. Yups, Grondol merupakan masakan khas Jawa Tengah yang terbuat dari jagung rebus yang ditaburi parutan kelapa. Masakan Indonesia ini memiliki rasa yang gurih yang juga sangat nikmat. Grondol sudah dapat dikatagorikan masakan yang hampir punah akibat tergusur oleh masakan modern yang saat ini semakin menjamur kehadirannya.

Gulo Puan

Gulo puan merupakan masakan khas Palembang. Masakan ini rasanya manis karena terbuat dari susu kerbau ditambah gula pasir. Konon, masakan ini hanya dimakan oleh para raja-raja pada zaman dahulu. Namun kini Gulo Puan sudah sulit ditemukan karena susu kerbau, bahan baku masakan ini sudah sulit ditemukan.

Sayur Babanci

Meskipun namanya sayur babanci bukan berarti sayuran ini hanya dimakan untuk orang-orang banci. Saur ini adalah salah satu masakan khas betawi yakni Masakan DKI Jakarta. Sayur babanci terbuat dari beberapa olahan berupa daging sapi, daging kalapa muda, dan petai dan disiram dengan kuah santan rasa pedas dan asam. Komposisinya yang menggiurkan membuat makanan ini bisa membuat siapa saja ketagihan. Tapi sayangnya, sayur babanci sudah sulit ditemukan akibat tergusurnya dengan masakan modern.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY