Kimci Korea VS Asinan Indonesia

SHARE
Kimci Korea VS Asinan Indonesia

Korea dan Indonesia adalah negara asia yang mempunyai banyak kebudayaan dan banyak makanan khasnya yang lezat dan bergizi. Dari kebudayannya yang unik tersebut melahirkan makanan yang unik pula yang bisa menjadi lambang Negara masing-masing.

Contohnya orang korea mengonsumsi kimchi dan orang Indonesia mengonsumsi asinan. Kimchi dan asinan memang rupanya tak sama tapi soal rasa keduanya memiliki rasa asam. Kimchi dan asinan sama-sama dijadikan sebagai pelengkap lauk makanan.

Meski nama dan rasanya sama, keduanya dibuat dari bahan-bahan yang berbeda pula. Kimchi Korea dibuat dari bahan baku sawi putih dan cabai yang dihaluskan lalu di fermentasi. Sawi putih yang difermentasi itulah yang menciptakan kimci menjadi masam.

Sedangkan Asinan Indonesia dibuat dari beberapa sayuran seperti toge, mentimun dan kol yang dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Asinan menggunakan cabai besar berwarna merah yang ditumbuk dan dicampur dengan cuka. Sehingga rasa asam asinan cuka tersebut berasal dari cuka.

Untuk kamu yang penasaran bagaimana rasa kimchi dan asinan ini begitu lezat dan menjadi makanan pelengkap yang favorit, kamu bisa membuat keduanya dengan resep dibawah ini.

Resep Membuat Asinan Indonesia Dan Kimchi Korea

Kimci Korea VS Asinan Indonesia

  • Asinan Indonesia:

Bahan yang dibutuhkan

  1. Wortel yang potong-potong seperti batang korek api sebanyak 3 buah
  2. Kol yang sudah diris halus sebanyak  150 gram
  3. Toge sebanyak 60 gram
  4. Cabai  besar merah yang sudah di tumbuk sebanyak 10 buah
  5. Gula merah 3 sendok makan
  6. Cuka sebanyak 4 sendok makan
  7. Air putih 2 gelas
  8. Garam secukupnya

Proses pembuatannya

Bersihkan wortel, kol, dan toge lalu masukan dalam satu wadah. Masukan air putih, garam, cuka, cabai merah, dan gula. Aduk semua bahan tersebut dan biarkan hingga meresap

  • Kimchi korea:

Bahan yang dibutuhkan

  1. Sawi putih yang dibelah menjadi 2 bagian sebanyak 600 gram
  2. Daun kucai yang dipotong-potong sebanyak 120 gram
  3. Bawang putih yang dihaluskan 2 sendok makan
  4. Gula pasir sebanyak 1 sendok makan
  5. 2 sendok makan saus ikan
  6. Biji Wijen secukupnya
  7. Garam secukupnya
  8. Cabai bubuk

Baca Juga: 5 Makanan Jepang Ini Wajib Dicicipi

Proses pembuatannya

Masukan sawi didalam wadah dan taburi garam. Aduk dengan cara meremas-remas sawi hingga menjadi layu. Setelah itu, sawi dicuci bersih dan ditiriskan. Masukan sawi yang layu tersebut dalam wadah yang sudah dimasukan bumbu-bumbu seperti cabai bubuk, bawang putih, cuka, gula, daun kucai, dan saus ikan. Aduk-aduk dan diamkan satu hari penuh untuk fermentasi sawinya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY